Kupas tuntas Shutterstock Part 4

Daftar Isi [ Open ]


Hey hey hey, ketemu lagi dengan saya. Kali ini yang akan saya bahas adalah seputar Management file reject. Dari sekian banyak file yang kita upload, sudah tentu harapan kita adalah mulus tanpa masalah. Namun, ada kalanya ketika performa kita kurang maksimal, atau ada hal lain yang mempengaruhi hasil karya kita. Yang berakibat file ditolak atau di reject oleh tim review situs.

Berikut ini adalah tipe-tipe reject yang pernah saya dapat, berikut solusinya. Simak baik-baik yah.

***

Illustration Designation -- In order for this image to be reviewed correctly, resubmit it designated as an illustration. When resubmitting, select "Yes" in the "Illust./Clip-Art" dropdown menu when applying metadata in the content editor.

Nah biasanya gambar yang kita kirim sebenarnya tidak ada masalah secara khusus, namun terkadang tim review minta dikirimkan ulang. Solusinya, jika anda mendapat penolakan semacam ini tidak perlu direvisi, kirim ulang saja dengan metadata yang sama.

Keywords -- Irrelevant keywords were used or your keywords were not in English.

Penolakan dengan notifikasi seperti ini biasanya ketika kita menggunakan suggest keyword, dan kita tidak sortir kembali. Namun saya pun masih kerap mendapatkan notifikasi seperti ini. Meskipun keyword sudah saya cek berkali-kali, dan menurut saya sudah sangat benar. Solusinya, berdasarkan pengalaman saya ada 2, pertama pilih keyword yang berbahasa inggris, atau kurangi jumlah keyword anda hingga setengahnya.

Spelling / Grammar -- Image and/or metadata contains spelling or grammatical errors.

Untuk notifikasi ini paling sering saya dapat ketika membuat gambar yang memiliki unsur teks didalamnya. Yang menjadi masalah adalah caption yang kita buat salah dalam pengejaan. Namun terkadang saya pun masih juga mendapatkan notifikasi ini, meskipun grammar sudah benar. Biasanya ketika teks yang kita buat sudah benar, namun penyusunan kalimatnya salah. Alhasil tetap dianggap salah, meskipun kata per kata sudah benar. Solusinya, perbaiki caption teks pada gambar kita, gunakan kata-kata yang sederhana, atau bisa juga hilangkan teksnya saja.

Extra Vector Objects -- Please remove any excess and/or hidden vectors/points from the file.

Saya pernah mendapatkan notifikasi ini ketika saya ceroboh dalam eksekusi gambar. Biasanya ada gambar yang di-hidden oleh kita, atau kalau di AI umumnya karena ada objek yang saya buat blind. Solusinya, cari dan koreksi kembali per objek pada gambar anda.

Title / Keyword Trademark -- Title and/or keywords contain trademark issues (e.g., brand name, company name, etc).

Biasanya saya mendapatkan notifikasi ini karena ada unsur pada judul atau keyword yang mengandung hak cipta. Untuk beberapa kasus, saya sangat jarang mandapatkan notifikasi semacam ini. Solusinya, perbaiki metadata anda. Pada judul dan keyword hilangkan kata-kata yang mengandung hak cipta.

Incorrect Category -- The selected category or categories are inappropriate for this image. 

Notifikasi ini sudah sangat jarang saya dapatkan, penolakan macam ini saya dapat ketika saya keliru dalam memilihkan kategori pada gambar yang saya akan submit. Meskipun kategori pada SS tidaklah banyak, namun adakalanya kita masih kerap kebingungan dalam menentukan kategori apa yang paling tepat untuk gambar kita. Karena kategori merupakan salah satu poin penting yang menetukan nasib gambar kita di pasar global, jadi tidak bisa asal. Solusinya, biasanya ketika saya bingung memilih kategori, saya akan ambil 'micelanous' sebagai kategori kedua, dan pada kategori pertamanya haruslah kategori utama yang benar-benar merujuk pada gambar kita.

Text--All text must be converted to outlines.

Penolakan seperti ini, biasanya disebabkan karena kita ceroboh dalam finishing. Masih terdapat teks yang belum kita ubah menjadi path. Solusinya cek kembali gambar anda, cari dan temukan teks yang masih belum diubah menjadi path.

Please decrease the size of your artwork (or move it) to fit within the artboard. 

Penolakan ini saya dapat saat diawal bergabung di SS. Dahulu saya buat gambar biasanya bisa 5x lebih besar dari ukuran artwork yang saya pakai. Solusinya, kecilkan ukuran gambar minimal sesuai dari ukuran artwork yang dipakai, atau boleh lebih kecil (didalamnya).

Image is not seamless. Please remove â??seamlessâ?? from keywords and description, and resubmit.

Suggest keyword memang membantu kita dalam memilihkan keyword pada gambar kita, namun pemakaian yang ceroboh tentunya akan mendapatkan masalah. Notifikasi ini biasanya saya dapat ketika saya mengambil gambar untuk referensi keyword dari gambar pattern. Solusinya, cek kembari keyword anda, dan hilangkan kata seamless didalamnya.

Reference Image -- A reference image is required for this image.

Notifikasi ini memberitahukan bahwa gambar yang kita buat membutuhkan gambar referensi. Biasanya karena gambar yang saya buat memiliki unsur doodle, sehingga perlu gambar referensi. Solusinya, jika gambar yang anda buat adalah gambar yang di sketsa sebelumnya, foto dan sertakan saat anda mengirimkan gambar.

Title -- Titles must be relevant and specific to the image, must be in English, and cannot contain unnecessary information such as camera make or model, links to websites, etc.

Penolakan seperti ini masih sering saya dapat, biasanya karena judul yang saya tulis tidak benar-benar mereferensikan gambar yang saya buat. Judul sangatlah penting, SS biasanya menyarankan judul dalam bentuk kalimat. Solusinya, perbaiki judul anda hingga benar-benar merujuk pada gambar yang anda buat.

Trademark--Image/Metadata potentially infringes on intellectual property rights.

Yang paling sering saya dapat adalah ketika saya membuat simbol kesehatan (red cross), nah meskipun tidak ada kata-kata yang dengan sengaja merujuk pada pelanggaran hak cipta, namun tetap dianggap melanggar. Ini dikarenakan red cross sudah sangat identik dengan salah satu brand jam terkenal. Solusinya, perbaiki gambar anda, hilangkan unsur tersebut atau ganti dengan gambar yang lebih baik.

Edges--Paths are sloppy and/or poorly constructed.

Untuk notifikasi ini saya hanya dapat 1, karena gambar yang saya buat terlalu rumit dan acak-acakan. Solusinya, perbaiki gambar anda, buat jadi lebih sederhana dan buat menjadi mudah dikenali.

***

Kira-kira begitulah pengalaman saya, solusi yang saya berikan bukanlah benar-benar solusi yang tepat untuk anda, namun solusi yang saya sampaikan diatas adalah cara yang memang efektif dan bekerja pada gambar saya.

Artikel ini akan selalu saya update jika saya mendapatkan notifikasi penolakan yang belum saya dapat.

Jangan lupa like Fanpage nya yah, hehe.
Artikel ini juga bisa anda temukan di fanpage saya.
Punya pertanyaan inbox saya aja langsung. :D

Selanjutnya, kupas tuntas Shutterstock Part 5.
Baca kupas tuntas Shutterstock Part 3 disini.
LihatTutupKomentar